PWI dan KWUPS Dukung Kominfo Sergai Meningkatkan Biaya Publikasi

222 views

Sergai, TransNusantara.co id-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai (KWUPS) mendukung Dinas Kominfo Kabupaten Sergai dalam mendongkrak biaya terkait publikasi dan kerja sama dengan media.

Dukungan ini langsung di sampaikan ketua PWI Kabupaten Sergai Anwar Efendi Siregar Selasa (19/01/2021). Anwar menilai langkah Dinas Kominfo Kabupaten Sergai untuk menambah biaya publikasi dan kerja sama antar media itu sudah cukup tepat.

Menurutnya, anggaran publikasi dan kerja sama antar media di Pemkab Sergai tergolong sangat kecil tidak sebanding dengan jumlah media yang telah terverifikasi oleh Diskominfo Kabupaten Sergai. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 banyak media nasional dan lokal yang gulung tikar lantaran krisis yang melanda diberbagai aspek.

” Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan, sebab, wartawan juga sebagai pejuang yang ikut andil dalam kemerdekaan dan setelah kemerdekaan khusus sebagai pilar ke empat setelah eksekutif, yudikatif dan legislatif”

Begitu juga dikatakan Darmawan S.sos selaku Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai terpilih juga meminta DPRD Kabupaten Sergai mendukung langkah Diskominfo Kabupaten Sergai untuk meningkatkan biaya publikasi antar media. Selain jumlah media tidak sebanding dengan jumlah anggaran tujuan Kominfo tersebut akan mengembalikan ekonomi para jurnalis.

” Tahun ini program pemerintah salah satunya pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 jadi harus di dukung dengan anggaran, jika anggaran tidak sebanding dengan jumlah jurnalis maka jangan harap program itu juga bisa berjalan mengingat pemerintah juga mendukung untuk membantu para media yang juga berdampak pada situasi pandemi Covid-19″ paparnya.

Terpisah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal Koto, MSi mengatakan akan tetap berupaya untuk meningkatkan mitra kerja sama antara media dan wartawan. Sejauh ini di akui Akmal ada 119 wartawan dengan berbagai media baik elektronik, online dan cetak telah di verifikasi legalitasnya melalui aplikasi roms.serdangbedagaikab.go.id

“Sebagai mitra kerja sama publikasi memang tidak sebanding dengan jumlah media dengan biaya publikasi yang hanya kisaran 450 juta pertahun,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, kerja sama dengan media melalui wartawan dengan bentuk publikasi pemberitaan itu diatur sesuai dengan masing-masing poin kepada wartawan dan medianya hingga yang di terima wartawannya hanya kisaran Rp. 300 sampai dengan Rp 700 ribu perbulan yang di bayarkan dua bulan sekali.

“Biaya itu tergolong kecil sementara media setiap tahun terus tumbuh khususnya media online dan Kominfo kab Sergai sangat ketat melakukan verifikasi hingga tahun ini ada 120 telah lolos verifikasi berkas dibanding tahun sebelumnya mencapai 148 media” terang Akmal Koto.

Kadis Kominfo Sergai Akmal Koto menyatakan, akan berupaya untuk meningkatkan biaya publikasi untuk media melalui wartawannya.

” Kita akan berupaya yang terbaik untuk mitra kita kepada media semoga semuanya bisa terkaver dengan baik” tukas Akmal Koto.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.