• Sab. Des 10th, 2022

MTQ Bertujuan Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Isi Kandungan Alquran

Share
136 views

DELI SERDANG (Transnusantara.co.id)-Bupati H Ashari Tambunan bersanai Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar secara resmi membuka Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Deli Serdang, bertempat di Aula Pondok Pesantren Mawaridussalam, Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis, Senin (22/2). Peresmian ditandai dengan Pemukulan Beduk oleh Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan,sebelumnya diawali pembacaan ayat suci Al-Quran dengan Qoriah Siswi Praja IPDN, Rahma Mayani Dalimunthe.

 

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menyatakan, Alquran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai-nilai ajaran dalam Alquran sebagai pedoman dan pandangan hidup, perlu terus ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun nonformal.

 

“Atas dasar itulah MTQ digelar secara rutin setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, sekaligus pengamalan isi kandungan tersurat maupun tersirat dalam kitab suci Alquran,” ungkap H Ashari Tambunan

 

Hendaknya kegiatan MTQ ini jangan hanya dijadikan sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran semata. Akan tetapi lebih dari itu harus membumikan Al-Qur’an sekaligus memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk lebih memahami isi kandungan serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh kita khususnya panitia dan peserta, untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan sehingga penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran ke-54 Kabupaten Deli Serdang ini dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukes,” pinta Ashari Tambunan

 

Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri SH mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menyemarakan MTQ ke-54 yang akan berlangung ini. Sehingga tujuan yang terkandung dalam pergelaran MTQ tersebut dapat kita capai dengan sebaik-baiknya.

 

Ketua DPRD Deli Serdang juga berharap kepada semua pihak meskipun dalam pandemi Covid 19 ini,event ini masih kita selenggarakan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, MTQ yang kita selenggarakan pada hari ini jangan kita anggap seremonial saja akan tetapi sebagai wahana melahirkan qori-qoriah yang berprestasi untuk event yang lebih tinggi lagi serta dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Deli Serdang.

 

Sebelumnya Ketua Panitia MTQ ke-54 Kabupaten Deli Serdang, melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Mukti Ali Harahap menguraikan, pelaksanaan MTQ dilaksanakan tanggal 22-26 Februari 2021 bertempat di Pondok Pesantren Mawaridussalam dan sejumlah masjid juga sekolah di Desa Sena, Tumpatan Nibung, Tanjungsari dan Bintang Meriah di wilayah Kecamatan Batang Kuis.

 

Mengusung tema “Melalui MTQ ke-54 kita wujudkan SDM unggul, profesionl dan insan Qurani menuju Deli Serdang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebinekaan”, MTQ bertujun untuk mengembangkan kemampuan seni baca Alquran dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ilmu tajwid.

 

Mukti juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Kabupaten Deli Serdang terutama masyarakat Kecamatan Batang Kuis yang disadari sangat ingin mengikuti dan menyiarkan MTQ. Namun dikarenakan dalam situasi pandemi covid-19, penyelenggaraannya bersifat terbatas dan pembukaan hanya dihadiri 200 undangan.

 

Sedangkan Cabagng MTQ yang diperlombakan meliputi Cabang Tilawatil Qur’an, Qira’at Al-Qura’an, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khath Al-Qur’an,Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an dan Musabqah Al- Hadist.

 

Hadir juga Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri SH, Forkopimda Deli Serdang, Ketua TP PKK Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP. PKK Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, para Asisten,Kepala OPD,kabag,Camat, Pimpinan Pondok Pesantren Mawaridussalam Drs. KH. Syahid Marqum, MM, Ketua MUI Deli Serdang Dr H Aripin Marpaung, Tokoh agama dan masyarakat dan Ormas Islam.(Gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.