Kecamatan Natal Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan.

464 views

 

Natal – Mandailing Natal, TransNusantara.co.id.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang dikenal dengan singkatan Musrenbang adalah agenda tahunan yang senantiasa diselenggarakan dari desa hingga pusat.

Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan dan stakeholder untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa maupun Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota.
Tak terkecuali dengan Kecamatan Natal, Musrenbang tingkat Kecamatan ini kemudian diselenggarakan di Aula Kantor Camat Natal (11/03/2022).

Agenda tahunan ini dihadiri peserta Musrenbang dari berbagai elemen, mulai dari Pemerintahan Desa dan Kelurahan, hingga Forkopimca dan Instansi terkait serta dihadiri utusan dari Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal yang terdiri dari pihak Bappeda, Dinas Pemuda dan Olahraga, BPBD, Dinas Pendidikan, PUPR dan Dinas Pariwisata dengan tetap mematuhi Prokes Covid-19.

Plt. Camat Natal, Saipuddin, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan Musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan.

Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah diharapkan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal. Terlebih pembangunan fasilitas umum pasca Banjir yang melanda Kecamatan Natal.

Pada kesempatan ini pihak Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Mandaliling Natal yang turut hadir juga memaparkan prioritas pembangunan pemerintah daerah dibidang pendidikan dengan pembangunan Ruang Kelas Baru di SD Negeri 405 Simpang Bambu , Toilet dan Sanitasi di beberapa Sekolah Dasar dan pembangunan Ruang Laboratorium di beberapa SMP dalam wilayah Kecamatan Natal.

Sedangkan dibidang Kesehatan melalui UPTD. Puskesmas Patiluban dan UPTD. Puskesmas Sikara-Kara, prioritas utama masih target vaksinasi dan penurunan angka Stunting.

Selanjutnya dibidang Perkim, beberapa Jalan Lingkungan turut jadi prioritas.

(Amir H. Hasibuan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.