Bupati Deli Serdang Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Di Lapangan Alun alun Pemkab Deli Serdang

Daerah125 views
125 views

 

DELI SERDANG(Transnusantara.co.id)-

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan bertindak sebagai Irup pada Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang berlangsung secara khidmat di Lapangan Alun Alun Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Lubuk Pakam, pada Rabu (17/8/2022) pagi.

Sebelum dimulai seluruh peserta upacara berbaris rapi. Dan Komandan Upacara Kapten Inf Agus Tua Panjaitan selaku Dan Up berdiri tegak memimpin peserta upacara.

Sementara disisi lain Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), bersama pasukan dari Artileri Medan (Armed), sudah standby (siap siaga).

Setelah Bupati H Ashari Tambunan memasuki Lapangan, Upacara Segera dimulai dengan diawali Mengheningkan Cipta dan dilanjutkan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, H Nusantara Tarigan Silangit.

 

Sebagai Puncak acara ketika Anggota Paskibra Putra-putri terbaik Kabupaten Deli Serdang bergerak melaksanakan tugas untuk Mengibarkan Bendera Merah Putih.

Anggota Paskibra yang dikomandoi Komandan Pleton (Danton) Paskibra, Nabil Ramadhan, anak bungsu dari empat bersaudara, putra pasangan Suparianto dan Wartini, asal Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bangun Purba; Pembawa Baki, Nastasya, Anak Kedua dari enam bersaudara), Putri Pasangan Almarhum Kasmiranto dan Rohana Lubis, Siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Patumbak; Pengerek Bendera, Berkat Sakti Perangin Angin, Anak Tunggal dari pasangan Setiawan Perangin Angin dan Siti Syarifah Siregar, siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam; Raffi Ahmad Amirin, Sulung dari tiga bersaudara, putra dari pasangan Fahrizal dan Siti Hati Murtiana Siregar, siswa SMA Negeri 1 Batang Kuis, dan Jaka Dwi Santoso, anak kedua dari tiga bersaudara, putra pasangan Peltu Sumono dan Wardiah, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Deli Serdang, dan lainnya tampak begitu gagah.

Usai acara, Bupati dan Wakil Bupati, menyambangi para Pengiring Upacara, mengucapkan selamat dan terima kasih, sambil menyanyikan lagu Mars Deli Serdang.

“Ini adalah Wujud rasa syukur kita kepada Allah sWT, atas semua nikmat yang telah berikan, terutama nikmat kemerdekaan yang tidak bisa tidak bersumber dari nikmat rasa sebangsa dan setanah air, persatuan dan kesatuan para orangtua kita dulu,” ujar Bupati Ashari Tambunan ketika diwawancarai Awak Media

Bupati berharap, nikmat itu bisa terus dipertahankan. “Kita berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang maha esa, semoga apa yang diwariskan orang-orang tua kita dulu, rasa nasionalisme, kebersamaan, patriotisme, cinta tanah air, bisa kita pertahankan. Sehingga, Indonesia pada saatnya nanti menjadi Adil, Makmur, dan Berkeadilan Sosial,” ungkap Bupati.

Khusus kepada kaum milenial Bupati berpesan, untuk menghayati HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, yang diperoleh dari perjuangan yang tak kenal lelah para pahlawan kemerdekaan.

“Intinya adalah mari kita hayati, apa yang kita peringati sebagai sebuah hari di mana kita merenungkan apa yang dilakukan orang-orang tua kita dulu. Dan berharap kita mampu mengisi apa yang sudah mereka perjuangkan, mengisi, mengupayakan kemerdekaan yang mereka perjuangkan betul-betul mencapai tujuan seperti yang mereka inginkan. Indonesia yang berdaulat secara politik, ekonomi, dan budaya, dan Indonesia yang sejahtera. Lebih penting lagi, Indonesia yang tetap bersatu dari Sabang sampai Merauke,” tegas Bupati Deli Serdang

Menanggapi tema, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Bupati menerangkan tema itu berangkat dari munculnya Pandemi Covid-19, yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

“Kita sama paham, dua tahun lebih, sama seperti negara lain. Negara kita juga terkena dampak pandemi. Kita tahu ini berakibat sangat berat. Sumber-sumber dana yang seharusnya untuk pembangunan demi memberi kesejahteraan kepada masyarakat lebih cepat, ternyata dipergunakan untuk pemulihan dan menjaga kesehatan. Dan ini sesuatu yang memang harus dilakukan. Dan kita berterima kasih atas kebijakan yang sudah dilakukan Presiden dan pemerintah pusat. Tentu, dampaknya sekarang adalah ketika pandemi sudah mulai melandai, walaupun belum selesai seluruhnya, kita masih tetap harus mengikuti protokol kesehatan (prokes) dengan baik dan benar, agar musibah yang lalu bisa dipastikan tidak akan terjadi lagi,” jelas Bupati.

“Maka, saatnya kita sekarang kembali berusaha untuk mengejar ketertinggalan akibat pandemi selama dua tahun ini. Ekonomi harus digerakkan, upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus terus diupayakan, sesuai tema tahun ini, pulih lebih cepat, dan ketika bangkit, maka akan bangkit lebih kuat,” Tandes Bupati mengakhiri

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, Darwin Zein SSos, Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Deli Serdang, Ny Herawati Darwin Zein, dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Deli Serdang, para veteran perang dan lainnya. (Gun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.