• Jum. Mar 31st, 2023

Perayaan Thaipusam Berlangsung Meriah, Tidak Hanya Warga Tamil India Warga Lain juga Menikmati Medan Street Festival Thaipusam

Share

 

TransNusantara.co.id-

Medan,

Perayaan Thaipusam tahun 2023 di Kota Medan berlangsung meriah, Minggu (5/2). Festival Thaipusam yang terselenggara atas kolaborasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan ini dihadiri ribuan masyarakat tidak hanya mereka yang merayakan Tamil (India) namun masyarakat kota Medan lainnya.

Kemeriahan Festival Thaipusam yang bertemakan Medan Street Festival Thaipusam semakin bertambah dengan hadirnya Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK kota yang Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution dan keduanya anaknya Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution. Selain itu Festival Thaipusam ini juga menghadirkan Kereta kencana berusia 130 tahun.

Kereta Kencana tersebut diarak  mengelilingi Kota Medan mulai dari Kuil Sree Soepramaniem Nagarattar Jalan Kejaksaan Ujung Medan menuju jalan Teuku Umar kemudian Jalan K.H Zainul Arifin lanjut ke Jalan S Parman dan kembali ke jalan Kejaksaan. Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu dan Kedua anaknya ikut berjalan dalam arakan kereta kencana yang ditarik oleh umat Hindu Tamil.

Dikatakan Bobby Nasution, perayaan Thaipusam ini memiliki makna penting bagi masyarakat Kota Medan khususnya masyarakat Hindu Tamil. Menurut Bobby Nasution perayaan agama apa pun di Kota Medan dapat dirayakan oleh seluruh warga. Artinya pemeluk agama yang merayakan hari keagamaannya dapat menjalankan ibadahnya dengan khusuk, seperti perayaan Thaipusam malam ini.

“Malam ini kita rayakan bersama Festival Thaipusam. Tentunya Pemko Medan berkeinginan setiap perayaan keagamaan bukan hanya antara manusia dengan Tuhan tapi juga sesama manusia dapat merasakan manfaatnya, termasuk soal perputaran ekonomi,” Kata Bobby Nasution

Bobby Nasution menambahkan perayaan keagamaan atau perayaan adat istiadat di Kota Medan dapat dilakukan berdampingan dengan pergerakan ekonomi sehingga menjadi destinasi wisata.

Thaipusam adalah festival yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama pada bulan Thai (Januari/Februari) dalam kalender Tamil. Di tahun ini Festival Thaipusam diisi dengan Bazar UMKM di jalan Zainul Arifin yang tidak hanya menjual makanan termasuk makanan  khas india tetapi

menjual berbagai macam pakaian wanita saree india. Selain itu di panggung utama digelar Medan Indian Fashion Week yang melibatkan model-model keturunan India yang berlenggak lenggok di atas catwalk dengan pakaian khas india (saree).

Sebelumnya Ketua PHDI Kota Medan, Matha Riswan mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan terkhusus bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah memfasilitasi dan mendukung perayaan Thaipusam tahun 2023 sehingga dapat berlangsung meriah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Jika dalam perayaan Thaipusam Dewa Murga menjanjikan kemenangan terhadap yang merayakannya, maka dengan kepedulian Pak Bobby Nasution yang begitu besar terhadap perayaan ini akan dibalas dengan kejayaan dimanapun berada. Kedepannya kita berharap Perayaan Thaipusam ini dapat lebih semarak dengan mengkolaborasikan UMKM,” Kata Ketua PHDI Kota Medan .

Salah satu warga India keturunan Tamil (India) Madi mengungkapkan perayaan Thaipusam tahun ini lebih semarak dan meriah setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. “Thaipusam ini merayakan kemenangan. Tahun ini lebih meriah apalagi ada stand bazar, kami sangat senang sekali,” Ujar Madi warga Medan Labuhan.

Tidak hanya warga Tamil, Perayaan Thaipusam juga dirasakan dan dinikmati warga Medan lainnya. Safitri Dewi warga muslim mengaku sangat excited hadir perayaan Thaipusam. Ini baru pertama kalinya dirinya menyaksikan festival seperti ini.

“Di Festival Thaipusam ini toleransi sangat terasa, saya yang berada disini minoritas sama sekali tidak ada dilarang untuk menyaksikan rangkaian acara. Ini baru pertama kalinya saya menyaksikan festival Thaipusam,” ungkap Safitri yang merupakan warga Tembung

Sedangkan, Sanjai salah satu pelaku UMKM yang ikut berjualan dalam festival Thaipusam,mengaku sangat senang bisa berjualan di acara ini. Tentunya ini merupakan wadah untuk kami pelaku UMKM. “Adanya pelaku UMKM di festival Thaipusam merupakan bentuk dukungan Pemko Medan kepada kami pelaku usaha untuk meningkatkan perekonomian, karena disini ramai masyarakat dan terjadi transaksi ekonomi,” Sebut Sanjay.

Sementara itu, R Mahendra Mohan tokoh Hindu Tamil mengungkapkan perayaan Thaipusam tahun ini tepat di tanggal 5 Februari 2023. Di hari ini seluruh umat Hindu Tamil merayakan kemenangan di perayaan Thaipusam. Melalui perayaan Thaipusam ini diharapkan dapat terciptanya kedamaian bagi seluruh umat manusia khususnya di Kota Medan.

“Pagi tadi kita sudah mulai rangkaian  kegiatan yakni Pal Kudam & Maha Abhisegam Pal Kudam adalah tradisi angkat susu kemudian mengelilingi kuil dan dituangkan untuk para Dewa,” Jelasnya saat rangkaian kegiatan Pal Kudam & Maha Abhisegam Minggu (5/2) pagi.

Sumber : Pemko Medan

( PS ).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.