Lapas Kelas I Medan Bersama Sejumlah Mahasiswa Universitas HKBP Nomensen Gelar Seminar

 

Medan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan, menggelar kegiatan  seminar bersama mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nomensen, di Medan,  Senin ( 01/07/2024 ).

8.orang mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut sedang melaksanakan praktek kerja lapangan di Lapas kelas I Medan.

Kepala Lapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian, mendukung penuh kontribusi praktek kerja Lapangan di Ruang Belajar Pembinaan Moralitas yang dilakukan oleh mahasiswa magang Fakultas Psikologi Nommensen tersebut.

” Apresiasi bagi  Mahasiswa Magang yang telah melakukan kegiatan seminar dan penelitian,” ujarnya

Kalapas kelas I Medan menjelaskan sebagai perguruan tinggi harus menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi.  Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujudnya.

“Adik-adik mahasiswa ini mencoba mengangkat moril, dan semangat mereka (narapidana) menjadi suatu hal yang positif, “jelas Kalapas.

Lapas Medan saat ini sedang melaksanakan program pembinaan moralitas bagi warga binaan yang mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan (mapenaling). Mahasiswa ikut berkontribusi positif dalam mendukung kegiatan pembinaan moralitas bagi warga binaan.

Peristiwa Sembiring, selaku Kabid Pembinaan, melalui Kasi Bimkemas, M. Kurniawan mengatakan hadirnya mahasiswa Psikologi ini dapat memberikan motivasi karena narapidana bisa percaya diri kembali untuk kembali ke rumah dan tidak terpengaruh stigma negatif masyarakat bahwa mantan narapidana itu buruk.

“Masyarakat nantinya bisa sadar bahwa inilah sebenarnya di dalam lapas. Mereka (narapidana) dibina, dan diberdayakan, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidupnya, “kata M. Kurniawan.

Sementara itu, Theresya Sinaga salah satu Tim mahasiswa mengatakan, Kegiatan seminar ini  dibagi dalam tiga sesi, meliputi resiliensi, Coping Stress, dan Emotional Intelligence. Kegiatan ini merupakan program secara khusus berupa Webinar, dimana didalamnya terdapat kegiatan konseling, sharing session.

(Hisar LG).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.