• Ming. Okt 2nd, 2022

Hinca Panjaitan: Sonni Berutu Calon Pemimpin Yang Baik Berhati “Paragat”

Share

Phakpak Barat, TransNuasantara.co.id- Karena punya jiwa yang tulus melayani masyarakat sosok  Sonni Berutu layaklah disebut  Paragatnya Pakpak Bharat” Demikian diungkapkan Anggota Komisi III DPR-RI sekaligus Mantan Sekretaris Jendral (Sekjend) Partai Demokrat, Dr. Hinca Panjaitan S.H., M.H., ACCS disela Kunjungannya ke Kabupaten Pakpak Bharat, Senin (12/10) di Hotel Waris II, Jl. Persabahan, Kec. PGGS.

Hinca mengibaratkan Sonni menjadi seorang “Paragat” atau lebih dikenal Penyadap Tuak (aren), sehingga sangat wajar jika seorang paragat menjalankan pekerjaannya dimana maragat merupakan salah satu pekerjaan yang tidak sembarangan bisa dilakukan. harus penuh rasa sabar, tulus dan ikhlas. Paragat adalah profesi mulia, dia tidak pernah sekolah formal, dia sekolah dengan dari alam. Dia mengajari, dia kemudian bicara sendiri, dia mempunyai keahlian yang tidak ada keahlian yang menandinginya, dan hati pikirannya sejuk. Demikian juga calon pemimpin yang baik adalah jika hatinya seperti paragat.” Jelas Hinca mengibaratkan.

Hinca juga meminta kepada Sonni apabila terpilih nanti agar membuat suatu agenda besar seperti festival paragat tuak (peragan pola) sehingga mengangkat kearifan lokal kehidupan masyarakat setempat.

Tak lupa Hinca juga mengucapkan selamat berjuang kepada Tim Sora Lebbuh, dan mengucapkan sepenggal kata bijak yang berisi “barangsiapa menghormati leluhurnya dengan sepenuh-penuhnya, sesungguhnya pada saat yang bersamaan ia sedang mempersiapkan generasi leluhur berikutnya.” tutur Hinca.

“Semoga Kabupaten Pakpak Bharat menjadi kabupaten yang mandiri, dan berbudaya” tutupnya.(Boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.