• Rab. Nov 30th, 2022

Warga Dusun VIII Desa Paluh Manan Tuding Pengusaha Sawit Tutup Aliran Sungai Sehingga Banjir Kepemukiman

Share
176 views

Hamparan perak, Trans Nusantara co.id– Pada bulan Desember seperti sekarang yang cenderung musim hujan sering kali terjadi banjir di berbagai wilayah.

Salah satunya seperti yang terjadi di Dusun VIII Desa Paluh  Manan Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang pada tanggal  6 Desember  2020 kemarin dimana genangan air hampir menutupi ruas jalan dan sebagian memasuki rumah-rumah warga masyarakat.

Ironisnya, menurut keterangan salah seorang warga inisial I menjelaskan sering terjadi  banjir didaerah mereka jika hujan datang  dan ia juga menjelaskan hal ini terjadi adanya penutupan aliran sungai oleh salah seorang oknum pengusaha kebun Sawit di daerah tersebut sehingga bila hijan tutun cepat terjadi banjir.

” Banjir ini udah rutin bang, makannan sehari-harilah kalau datang hujan, Ditutup  sungai leter S yang disana sama pengusaha kebun sawit itu, yang berada dusun 1 dessa lama oleh karena, dampaknya pada kami warga dusun 8 Paluh Manan,” ucap pria yang mengaku bekerja sebagai pekerja tambak ini, Selasa (08/2/12/2020).

Dulu, kata I, udah pernah kita laporkan ke Bupati dan sudah pun kita lakukan aksi demonstrasi bersama namun sepertinya sampai hari ini belum ada solusi, ia ginilah banjir bang, imbuhnya sembari mengharapkan penegak hukum ataupun instansi terkait segera menindak pengusaha tersebut karena diduga karena perbuatannya menutip aliran sungai masyarakat terdampak banjir.

“Kita minta pemerintah segeralah bertindak, kasihan kami rakyat kecil di dusun VIII, sudah ada puluhan warga sini yang keberatan dengan yanda tangan,”tuturnya yang diaminin rekannya M.

Sementara itu, saat pengusaha tersebut hendak di konfirmasi tidak berhasil, pintu lahan kebun sawitnya tertutup, meskipun sudah di ketok-ketok tidak ada yang datangenjimpai awakedia ini. (Anto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.