• Jum. Sep 30th, 2022

Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Bersih Simalungun Gelar Demo Di Bawaslu Simalungun

Share

Simalungun,Trans Nusantara.co.id –Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Bersih Simalungun, menggelar demo di halaman kantor Badan Pengawas Pemilu ( BAWASLU ) Simalungun di jalan Saribu Dolok, Kecamatan Pane, Kab.Simalungun, Sumatera Utara, Selasa ( 8/12/2020 ).

Pantauan Trans Nusantara.co.id, massa yang mengikuti demo ratusan orang, mereka datang dari sejumlah Kecamatan di Kab.Simalungun.

Koordinator aksi demo, Dearmando Damanik mengatakan, demo digelar untuk menanyakan terkait laporan masyarakat tentang adanya dugaan politik uang dalam Pilkada Simalungun,tahun 2020, yang belum ditindak lanjuti Bawaslu Simalungun.

Ketua Bawaslu Simalungun, M.Choir Zazlan Nasution, menjelaskan, bahwa sejumlah laporan pelanggaran Pilkada Simalungun, diantaranya merupakan pelanggaran administrasi dan tindak pidana pemilu.

Dalam hal ini, Ckoir menuturkan bahwa pihaknya tidak menentukan apakah laporan masyarakat diterima atau tidak.

Ia menjelaskan, setiap laporan pelanggaran Pilkada yang diterima, akan ditangani oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu, yakni Kejaksaan, Kepolisian, dan Bawaslu.

Mengenai laporan yang diduga adanya pelanggaran dalam PilkadaSimalungun, sedang diproses di Gakkumdu.

Menurutnya , walaupun Pilkada selesai dilaksanakan, pihaknya tetap memproses laporan yang masuk.

Sementara itu, mengenai video viral diduga pencemaran nama baik, yang menyebut nama Ketua Bawaslu Simalungun, jika tidak terbukti, maka korban akan melaporkan balik sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

( H. Abdullah Nababan, SH )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.