• Ming. Okt 2nd, 2022

Muhamad Amin Sosok Kepala Desa Yang Buktikan Harapan dan Kemajuan Desa

Share

Penulis : Nopel Harahap

( Kepala Biro
Batu Bara )

Batu Bara,
Transnusantara.co.id —

Menjadi Kepala Desa saat ini tidak cukup hanya dengan memenangi pilihan saja, melainkan juga harus mempunyai Visi dan Misi serta realisasi yang jelas mengenai pembangunan ekonomi di desanya.

Bahkan Kepala Desa saat ini memiliki peran yang sangat penting menentukan bagi kesejahteraan warga desa, seperti halnya, Muhammad Amin, Kepala Desa Karang Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, ini dinilai sukses membangun desanya, belum penuh 1 tahun kepemimpinannya.

Muhammad Amin, hampir setahun menjabat Kepala Desa, sejak digelarnya Pilkades serentak se Kabupaten Batu Bara tahun 2019 yang lalu.

Hampir setahun menjabat Kepala Desa, beliau terus berupaya untuk membangun desa menjadi lebih baik dan maju lagi, khususnya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa ( Kades ) Karang Baru, Muhammad Amin saat ditemui Media Transnusantara.co.id diruang kerjanya, menceritakan bagaimana ia mengawali menjadi Kades, dan saat mengikuti Pilkades serentak se Kabupaten Batu Bara 2019 lalu.

Belum cukup setahun menjabat Kepala Desa, Muhammad Amin telah menunjukkan hasil kinerjanya, dalam membangun desanya, seperti melakukan penataan desa bersama – sama dengan Aparat Desanya.

Politisi PDIP ini, menurut warga, telah banyak merubah warna desa yang dipimpinnya.Desa saat ini menjadi terang bersih, nyaman dan asri, sesuai dengan harapan masyarakatnya.

Pembangunan desa sudah banyak yang telah direalisasikan, seperti pengerasan sarana jalan, normalisasi pembersihan parit- parit, tali air, gorong – gorong, yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Selain itu, untuk kelancaran pengairan ke sawah – sawah milik warga, telah dilakukan perbaikan Bendungan ( DAM ), dan kalau sebelumnya sarana jalan di desa itu memprihatinkan, buruk dan berlobang, kini sudah baik dan diaspal.

Kepala Desa ini, pernah sukses mengelola pembangunan PNPM MD Program Pemberdayaan Masyarakat di Tahun 2007 – 2010 di desanya, saat itu.
Pengalaman yang dimilikinya itu, mengantarkannya terpilih menjadi Kepala Desa ( Kades ) pada Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Batu Bara.

Penulis terbilang cukup lama mengenal sosok Kepala Desa ( Kades ) ini, orangnya mudah senyum, ramah, sederhana, santun, memang itulah karekter utamanya.
Tidak hanya itu, sebelum menjabat Kades di Desa itu, beliau tetap ramah dan selalu energik dan bersemangat gaul dalam pertemanan.
Menurut warga, ia juga rajin turun langsung ke masyarakatnya, terutama pada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dll, untuk melakukan dialog tentang adanya keluhan masyarakat, dan pembangunan Desa.

Pada masa pandemi covid-19 saat ini, beliau selalu mengingatkan warga masyarakatnya agar mematuhi Protokol Kesehatan. ***

( Transnusantara.co.id )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.