• Sel. Okt 19th, 2021

Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Rapat Putusan Hasil Sidang Pemeriksaan MPW Notaris

Share

 

Medan – Transnusantara.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Majelis Pengawas Wilayah Notaris Sumatera Utara menggelar Rapat Putusan Hasil Sidang Pemeriksaan MPW Notaris atas laporan dugaan pelanggaran perilaku dan pelaksanaan jabatan notaris berdasarkan rekomendasi dari Majelis Pengawas Daerah Notaris, di Medan, Kamis ( 14/10/2021 ).

Rapat dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi. Beliau menyampaikan bahwa dalam rapat ini diperlukan pengertian atas pemeriksaan terhadap masalah-masalah yang sudah disampaikan oleh MPD.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan kita menjadi pemutus ataupun pengambil keputusan yang bijak sesuai dengan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, “harap Kakanwil pada saat membuka rapat.

Yudi mengatakan, agenda rapat ini melakukan pemeriksaan kepada 17 Notaris. Diawali membacakan hasil rekomendasi dari Majelis Pengawas Daerah Notaris dan mendengar keterangan hasil sidang MPD.

Jika hasil pemeriksaan menyatakan laporan tidak dapat dibuktikan, maka Majelis Pemeriksa Wilayah akan memutuskan dan menyatakan laporan ditolak.

Sementara itu, apa bila dalam hasil pemeriksaan menyatakan laporan dapat dibuktikan, maka terlapor dapat dijatuhi sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Sidang Pemeriksaan berjalan lancar dan dilaksanakan sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Majelis Pengawas Terhadap Notaris dan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja, Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian, Serta Anggaran Majelis Pengawas Notaris.

Turut hadir dalam rapat MPW ini, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Purwanto, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Flora Nainggolan, dari unsur notaris Lindawani Girsang, Suprayitno, dan H. Irmansyah Batubara, serta dari unsur akademisi Janpatar Simamora. (Hisar LG).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *