Jemput Bola Pasien Tetap, Percepat Masa Tunggu di IGD dan Pemberlakuan E- Rekam Medik Jadi Inovasi RSUD dr Pirngadi Medan Dalam Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

96 views

 

 

Transnusantara.co.id,Medan–Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, RSUD dr Pirngadi Medan memiliki program inovasi yang akan dijalankan dalam waktu dekat. Inovasi tersebut diantaranya program Jemput bola pasien tetap, mempercepat masa tunggu pasien di IGD dan memberlakukan sistem Rekam Medik elektronik. Semua inovasi ini juga merupakan bagian dari dukungan atas program Medan Medical Tourism  yang telah di canangkan  Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Kami terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota Medan, salah satu bentuk peningkatan pelayanan yang dilakukan RSUD dr Pirngadi diantaranya, Dalam waktu dekat ini kita akan menjalankan program Jemput Bola pasien tetap. Dimana program  ini dikhususkan untuk pasien Hemodialisa dan pasien Stroke dan pasien Kemoterapi,” Kata Plt Dirut RSUD dr Pirngadi, dr Taufik Ririansyah di ruang kerjanya ketika dikonfirmasi, Kamis (11/5).

Dijelaskan Taufik langkah ini diambil karena mereka sebagai pasien tetap RSUD dr Pirngadi, sehingga harus kita jaga kesehatan dan berikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi mereka. Selain itu berdasarkan data jumlah para pasien tersebut cukup banyak, seperti  pasien Hemodialisa yang mencapai 50 orang, mereka rutin datang untuk cuci darah.

“Pasien Hemodialisa, pasien Stroke dan pasien Kemoterapi yang rutin datang ke RSUD dr Pirngadi, nantinya karena mereka sudah diketahui kapan jadwal untuk datang maka akan kita jemput kerumahnya, sehingga begitu di rumah sakit mereka tidak antri lagi langsung mendapatkan pelayanan kesehatan. Setelah selesai para pasien nantinya akan kita antar  kembali kerumah Meraka masing -masing,”Jelas Taufik Ririansyah didampingi Wadir pelayanan medis dan keperawatan dr Suhartono SPPD dan Rina Amelia SPSI Mpsi Wadir SDM dan Pendidikan.

 

 

Taufik menambahkan pada dasarnya RSUD dr Pirngadi Medan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan lebih memanusiakan para pasien, disamping tetap menjalankan 3S (Senyum,Sapa, Sentuh) kami juga terus berupaya membuat perubahan untuk kenyamanan para pasien sesuai dengan pepatah yang terpajang di rumah sakit RSUD dr Pirngadi yakni Aegroti Salus Lex Suprema (Kepentingan Pasien adalah yang Utama).

Untuk SDM di RSUD dr Pirngadi Medan, lanjut Taufik, jumlah dokter sebanyak 200 orang lebih dan perawat berjumlah 450 orang. Dengan SDM ini jajaran RSUD dr Pirngadi saat ini juga tengah melakukan metode untuk penempatan SDM  sesuai  dengan tupoksinya. Dimana kita mengembalikan dan menempatkan SDM sesuai kompetensinya masing-masing, artinya seorang perawat harus merawat pasien dan akan diuji secara profesional agar dapat melayani pasien dengan maksimal.

“Kita juga mengadakan ujian untuk kepala ruangan, yang lulus akan ditempatkan sesuai dengan kompetensinya. Hal ini dilakukan untuk  kebaikan dan perubahan rumah sakit. Selain itu kita juga terus memantau apakah upaya dan perbaikan yang dilakukan ini  signifikan dalam pelayanan kesehatan di RSUD dr Pirngadi,” Sebut dr Taufik Ririansyah yang juga Kadis Kesehatan Kota Medan.

Sementara itu Wadir pelayanan medis dan keperawatan dr Suhartono, menjelaskan bahwa dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pihaknya akan mempercepat masa tunggu di IGD termasuk pasien yang mengalami permasalahan administrasi akan kita bantu untuk menyelesaikannya.

“Sesuai aturan seorang pasien setelah  mendapatkan perawatan awal dan terindikasi opname berada di IGD paling lama 6 jam, kita akan mempercepat masa tunggu tersebut dengan menghadirkan ruangan transit, sehingga jika ruangan kamar belum tersedia ataupun terdapat permasalahan administrasi pasien yang telah ditangani tersebut akan dibawa ke ruangan transit sehingga ruangan IGD dapat digunakan oleh pasien lainnya,” Jelas Suhartono sembari mengungkapkan kebanyakan pasien jika berlama-lama di IGD merasa was-was dengan kondisi dirinya yang sebenarnya tidak gawat lagi.

Kemudian Suhartono menyampaikan di bulan Juni ini, pihaknya akan mengimplementasikan sistem E- rekam medik (rekam medik elektronik) di seluruh Poliklinik rawat jalan, kemudian di akhir tahun seluruh bagian pelayanan RSUD dr Pirngadi juga sudah menerapkan sistem tersebut. Menurutnya dengan menggunakan rekam medik elektronik, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan.

“Dengan rekam medik elektronik ini kita mengurangi paperless dan semua terkoneksi dengan sistem teknologi informasi, sehingga jika pasien yang mendaftarkan tidak perlu lagi petugas mencari berkas tinggal melihat data pasien dan mengkoneksikan ke poliklinik. Selanjutnya pasien tinggal menuju poliklinik tanpa harus menunggu petugas membawa berkasnya. Dokter dan perawat di poliklinik juga tinggal mengakses data pasien di komputer, termasuk di pelayanan farmasi juga pasien tinggal menunggu obat,” ungkapnya.

Sedangkan Rina Amelia SPSI Mpsi Wadir SDM dan Pendidikan mengungkapkan bahwa pihaknya terus menjalin kerjasama dengan instansi pendidikan kesehatan yang ada di Kota Medan, diantaranya Fakultas Kedokteran UMSU dan Fakultas Kedokteran Gigi USU untuk mendatangkan dokter muda (Koas). Hal ini dilakukan sebagai dukungan program Medan Medical Tourism (MMT), dimana pelayanan medical tourism RSUD Dr.

Pirngadi yang menjadi unggulan adalah Poli THT dan Poli Gigi Spesialis dan mulut.

Ditemui secara terpisah,Salah seorang pasien yang sedang dirawat di  RSUD dr Pirngadi Ida Lumongga Silalahi (60) mengaku pelayanan kesehatan di rumah sakit milik Pemko Medan ini bagus termasuk perawat dan dokter yang merawat dirinya.

“Saya dari dulu berobat di RSUD dr Pirngadi, untuk pelayanan kesehatan saya rasa sudah baik dan bagus, dari dulu sampai saat ini ada peningkatan pelayanan. Seperti kemarin waktu saya masuk mulai dari IGD sampai dengan rawat inap saya mendapatkan pelayanan yang bagus,” Ujar Ida warga yang tinggal di perumnas Mandala.

Sumber : Pemko Medan

( PS ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.