MISMAN, PENGUSAHA PEMBUATAN TAHU DAN TEMPE

95 views

 

Oleh : Nopel Harahap Kabiro Batu Bara.

 

Transnusantara.co.id, Batu Bara–Dengan santun menghiasi bibirnya, ramah tamah,santun dan penuh rasa kekeluargaan dan menyambut baik kedatangan Transnusantara Walau wajahnya terlihat kelelahan.

Adalah MISMAN, seorang  pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat UMKM di Desa Sei muka Kecamatan, Datuk tanah datar, Kabupaten Batu Bara Sumut,yang bergerak dibidang pembuatan tahu dan tempe.

 

 

Lebih lanjut Misman mengatakan usaha tersebut dibangun atau didirikan pada tahun 2013 tepatnya 10 tahun yang lalu dan saat ini produksinya perhari hanya  menghasilkan 400 potong tahu, dan 300 batang tempe. Lokasi pabrik mini yang berukuran 4 X 5 meter, menggunakan 1unit mesin diesel,serta dilengkapi  1 cerobong pembuangan asap, dan peralatan lainnya. Tempat usaha tersebut berada dibelakang rumahnya,

Dalam pembuatan tahu dan tempe itu, Misman dibantu 1 0rang pekerja, yang juga putra kandungnya.

Misman menuturkan bantuan yang pernah diberikan pemerintah melalui dinas UMKM Batu Bara, pada tahun 2021  sebesar Rp1.200.000. Dana itu dicairkan melalui bank BRI, dan baru itulah saya pernah dapatkan bantuan dana. Sampai saat ini belum pernah dapat bantuan apapun ujar Ayah dari 4 0rang anak putra & putri ini.

Sedangkan hambatan yang dirasakan saat ini, adalah  mahalnya Bahan baku yaitu kacang kedele. Sangat terasa, tetapi harus dibeli karena hanya inilah usaha saya dan hanya bidang ini yang saya mampu kerjakan.

 

 

Selain itu, bahan bakar, dan berupa kayu bakar, juga harganya melangit karena sulit mendapatkan  kayu bakar, perkebunan sudah lebih fokus kelahan kelapa sawit.Karena sangat mahal  terpaksa saya menggunakan  batang kelapa sawit yang sudah tua (kering) untuk sebagai bahan bakar pengganti kayu bakar.

Tahu dan tempe hasil olahannya itu dijual kepada langganan- langganan tetapnya yang tersebar di beberapa desa- desa yang dekat dan bertetangga dengan desanya.Walau hambatan yang saya hadapi terasa berat, tetapi saya tetap semangat dan usaha harus tetap terus berjalan.

Dalam rangka Untuk mengembangkan dan memajukan  usahanya, Misman berharap kepada pemerintah khususnya Pemkab Batu Bara, dapat memberikan bantuan  dana untuk menambah  modal usaha.

Diakhir wawancara, MISMAN dengan  santun,mengucapkan terima kasih atas kehadiran Transnusantara yang telah berkenan meninjau lokasi usahanya, sembari berkata hati-hati ya pak di perjalanan, selamat bertugas.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.