Camat Medan Deli Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Perkarangan Untuk Budidaya Anggur

76 views

 

Transnusantara.co.id, Medan– Camat Medan Deli Indra Utama mendorong masyarakat agar mau memanfaatkan lahan perkarangan rumahnya untuk membudidayakan tanaman yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah buah anggur. Selain untuk mendukung ketahanan pangan bagi masyarakat, budidaya anggur ini juga memiliki nilai ekonomis yang apabila dikembangkan dengan baik maka dapat membantu menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mendukung agar masyarakat mau membudidayakan buah anggur ini, Kecamatan Medan Deli melalui PKK Kecamatan telah memberikan pelatihan kepada kader PKK agar mengetahui bagaimana cara budidaya anggur yang benar di lahan perkarangan rumah.”kata Indra Utama, Rabu (24/5).

Tidak hanya sekedar memberikan pelatihan bagaimana cara membudidayakan anggur kepada 60 orang peserta, Indra Utama juga memberikan bibit anggur secara gratis bagi para peserta untuk dikembangkan.

 

 

“Dalam pelatihan tersebut kita ajari bagaimana cara menanam dan menyetek buah anggur agar dapat tumbuh dengan baik dilahan sempit seperti perkarangan rumah, lalu kita juga memberikan bibit anggur tersebut secara gratis kepada para peserta pelatihan.”ujar Indra Utama.

Indra Utama dikesempatan itu juga menceritakan awal mula dipilihnya buah anggur untuk dibudidayakan dihalaman perkarangan rumah, berawal dari adanya kelompok tani Ardo Anggur yang berhasil mengembangkan berbagai macam varietas anggur dilahan perkarangan rumah.

“Dari situ kita tertarik dan mengajak warga kita tersebut untuk berkolaborasi mengembangkan tanaman anggur  dirumah-rumah masyarakat lainya yang ada di Medan Deli.”ucap Indra Utama.

Melalui pelatihan yang telah diberikan tersebut, Indra Utama berharap masyarakat berminat untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumahnya sebagai tempat budidaya anggur yang nantinya dapat menunjang perekonomian masyarakat.

“Kita berharap masyarakat nantinya berminat untuk mengembangkan buah anggur ini dilahan perkarangan rumahnya, selain dapat dikonsumsi sendiri, buah anggur ini juga dapat dijual untuk menambah perekonomian keluarga.”harapnya sembari mengatakan Kecamatan Medan Deli akan terus mendukung dan membantu masyarakat yang ingin membudidayakan anggur tersebut.

Sumber : Pemko Medan

( PS )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.