• Sab. Okt 1st, 2022

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Tinjau Korban Banjir, di Desa Tanjung Selamat, Kab.Deli Serdang

Share

Desa Tanjung Selamat, Kab. Deli Serdang, Trans Nusantara.co.id –Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, meninjau korban banjir di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Sumatera Utara, Jum’mat ( 4/12/2020 ).

Gubernur tiba dilokasi banjir, sekitar pukul 8.00 WIB pagi, bersama dengan Bupati Kab Deli Serdang, Ashari Tambunan, Kepala Balai Wilayah Sungai ( BWS ) Sumatera II, Maman Noprayamin dan rombongan lainnya.

Pantauan Trans Nusantara co.id dilokasi banjir, yang melanda komplek perumahan De Flamboyan dan sekitarnya, pada Kamis ( 4/12/2020 ) dinihari, memang sudah mereda, walaupun pada beberapa titik tempat tertentu, masih ada genangan air yang belum surut.

Edy menyampaikan, rasa prihatin atas musibah yang menimpa ribuan warga di Sumut, Khususnya Kab. Deli Serdang dan Medan, yang baru saja mengalami bencana banjir.
Selain itu, dalam 2 pekan yang lalu, beberapa daerah juga terdampak banjir, seperti Kota Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Humbahas dan Kota Binjai.

Lebih lanjut, Gubsu mengatakan, langkah awal dalam menanggulangi bencana ini, diminta agar personel TNI & Polri, serta Basarnas, siaga dan mencari korban yang kemungkinan terseret banjir.

Kemudian mengenai tempat penampungan korban banjir, Gubsu menjelaskan,untuk penampungan sementara bagi warga yang rumahnya terkena banjir, disediakan 2 tempat, yakni Balai Desa Tanjung Selamat dan Arhanud Tanjung Selamat.

Edy mengingatkan pada petugas penanggulangan bencana agar memperhatikan kapasitas dan kelayakan fasilitas pendukung, seperti sanitasi, MCK, dan pelayanan kesehatan.

Pada kesempatan itu, Gubsu, bersama Bupati Kab.Deli Serdang, dan Kepala BWS Sumatera II, mengamati adanya perubahan alur sungai yang telah direkayasa dalam kepentingan pembangunan rumah.

Sungai belawan ini menurutnya, seperti huruf C, dan terlihat ada sungai yang dimatikan.
Terkait hal ini, Gubsu mengatakan, sungai yang telah dimatikan itu, akan difungsikan kembali.

Tidak hanya itu, Gubsu, juga mengecek tanggul yang jebol dekat lokasi banjir, dan untuk tanggul yang jebol/rusak ini, akan segera diperbaiki.

( P.Simbolon )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.