• Sab. Des 10th, 2022
Share
166 views

Medan, TransNusantara.co.id –Budaya adalah suatu gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat dan diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Budaya di Indonesia beraneka ragam, hal ini disebabkan oleh distrik Indonesia yang berbentuk kepulauan.

Oleh karena itu, dapat terjadi keanekaragaman budaya pada setiap masing-masing propinsi, di Indonesia.

Perbedaan keberadaan budaya disetiap propinsi, bisa diamati dari : Lokasi tinggal adat, Pakaian adat, Tarian tradisional, Senjata tradisional, Lagu daerah, Suku wilayah, dan julukan pada masing- masing propinsi.

Sekarang menuju ke Salah satu Propinsi di Indonesia , yakni Propinsi Nangroe Aceh Darussalam ( NAD ), dengan ibu kotanya Banda Aceh.

Propinsi ini terletak diujung Utara Pulau Sumatera, penduduknya pada umumnya beragama Islam, karena itu adat istiadatnya bertradisi Islam, termasuk seni dan kebudayaannya.

Untuk diketahui, bahwa Propinsi ini memiliki banyak budaya khas, seperti beberapa budaya Aceh yang akan dipaparkan dibawah ini, mulai dari, Rumah adat, bahasa yang digunakan, pakaian adat, Tari- tarian dan banyak lagi, antara lain :

RUMAH ADAT : Rumah Aceh atau Rumah Keong Bade.

PAKAIAN ADAT : Pakaian adatPidie.

TARIAN TRADISIONAL : Tari Seudati, Tari Meuseukat, Tari Saman, Tari Mulia Ratap Aceh, Tari Kipah Dikarang Aceh, Tari Ranup Lam Puau, Tari Rapai Geleng Aceh, dan Tari Aceh Gempar.

SENJATA TRADISIONAL : Rencong, Klewang, Peudeung oon Teubee dan Sikin Pantang.

LAGU DAERAH : Bungong Jeumpa, Lembah Alas, Sepakat Segenap, dan Tawar Sadenge.

SUKU : Aceh, Gayo, Alas, Kluet, Tamiang, Singkil, Aneuk Jaur, Simeleuw, Pulau, Haloban, Devayan, Sigulai, Lekon dan Julu.

JULUKAN : Kota Serambi Mekah.

BAHASA DAERAH : Aceh Gayo

Adanya berbagai kebudayaan yang dimiliki, menjadikan Propinsi ini, menjadi salah satu wilayah bagian Indonesia yang cukup terkenal dengan nilai kereligiusannya.

Dengan beberapa sajian kebudayaan Aceh tersebut diharapkan membuat anda menjadi lebih mengenal budaya Aceh dan memperluas wawasan kebudayaan Nusantara.
Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pelajar, tentang keberagaman budaya di Indonesia.

Oleh : Pino Simbolon
Dikutip dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.