• Ming. Okt 2nd, 2022

Berwisata Sambil Memancing Ikan, Tiket Masuk Gratis

Share

Madina, Trans Nusantara.co.id —

Satu lagi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi di Kabupaten Mandailaing Natal Propinsi Sumatera Utara. Disamping suasana alamnya yang indah memanjakan matanya tentunya  akses masuk kelokasi ini juga mudah dijangkau. Bukan itu saja, ternyata mengunjungi tempat ini tidak membutuhkan biaya yang banyak karena saat ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Objek wisata ini juga tidak jauh untuk dijangkau tepatnya berada di Desa Hadangkahan lokasinya tak jauh dari Sekolah Dasar ( SD ) Negeri Kecamatan Batang Natal,

Obyek Wisata itu dikenal dengan nama Kolam Pancing Caiyan, lokasinya cukup luas, dikelilingi jenis tumbuhan seperti pohon kelapa, jambu, mangga, rambutan dan pohon tanaman keras lainnya, membuat lokasi itu asri.

Kolam pancing Caiyan, adalah salah satu obyek wisata di Kabupaten Mandailing Natal, yang bisa anda kunjungi untuk rekreasi, saat liburan, lokasinya tak jauh, lebih kurang 4 km dari desa Muara Parlampungan Kecamatan Batang Natal, Madina.

Pemilik kolam pancing Caiyan ( 53 ), saat diwawancarai Trans Nusantara co.id, Jum’at ( 15/1/2021 ), sekitar pukul 16.30 WIB, dilokasi kolam mengatakan, kolam pancing dibangun sejak tahun 2011 lalu, dengan luas lebih kurang 3 Ha.

Ikan yang ada dikolam pancing berbagai jenis ikan, antara lain, ikan mas, ikan nila, ikan gurami, ikan jurung, ikan panjang, ikan bawal, ikan patin dan ikan kalu.

 

Lebih lanjut ia ceritakan, selain kolam pancing, dibangun juga fasilitas rekreasi untuk warga masyarakat, seperti permainan speed boat di kolam, rumah penginapan juga ada yang dibangun diatas kolam, warung dan fasilias lainnya, serta membangun bendungan untuk mengantisipasi banjir.

Walaupun wilayah obyek wisata ini tidak terlalu luas hanya lebih kurang 3 Ha, dan bukan wisata alam, tapi ramai dikunjungi warga masyarakat, terutama saat hari lebaran dan tahun baru.

Pernah juga, pada saat hari lebaran dan tahun baru, pengunjungnya mencapai ratusan orang, dengan omzet puluhan juta, pengunjung berasal dari berbagai daerah dan warga setempat. Mereka ada yang memancing ikan dikolam dan ada juga hanya untuk rekreasi bersama keluarga.

Namun sejak masa pandemi covid- 19 diperkirakan hampir 1 tahun sejak Februari 2020 lalu, pengunjung sangat minim.

Seorang warga desa Hadangkahan, Kecamatan Batang Natal, Johan ( 50 ), menuturkan dengan adanya kolam pancing dan sekaligus tempat rekreasi bagi warga masyarakat, dia merasa senang dan nyaman, karena daerahnya menjadi ramai dan selalu dikunjungi warga masyarakat dari daerah lain, yang ingin memancing ikan dikolam dan sekaligus berekreasi saat liburan.

Dalam hal ini, diharapkan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, agar membangun sarana dan prasarana seperti memasukkan jaringan listrik PLN kedaerah itu, dan memperbaiki jalan yang rusak berat, akses menuju lokasi kolam, sepanjang lebih kurang 4 kilometer, guna meningkatkan perekonomian warga masyarakat didaerah tersebut.

Reporter :
Amir Husin Hasibuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.